Blogger Widgets

Unissula Ciptakan Mobil Hybrid Bertenaga Listrik

Diposting Unknown jam 07.07

Unissula Ciptakan Mobil Hybrid Bertenaga Listrik

SEMARANG- Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula menunjukkan eksistensinya dalam kancah persaingan pendidikan di Indonesia. Mereka akan membuat gebrakan melalui karya terbarunya, yakni Mobil Hybrid yang diberi nama H-MOLEX.

MOLEX sendiri merupakan mobil listrik pertama yang memanfaatkan tiga sumber energi. Mobil karya anak negeri ini digadang-gadang lebih unggul dari mobil listrik yang telah ada sebelumnya, maksimal menggunakan dua sumber energi.

Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula Sukarno Budi Utomo mengatakan, MOLEX  merupakan Mobil Hybrid kreasi para Dosen, Laboran,  gabungan mahasiswa Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Teknik Komputer di Fakultas Teknologi Industri Unissula.

"Karya ini akan dilaunching beberapa hari kedepan, oleh Gubernur Jateng Bibit Waluyo di pelataran Kantor Gubernur Jateng, sebelum Ramadan," kata Sukarno kepada LawangSewuPost, Senin (9/7).  

Dikatakan, tim MOLEX Unissula  juga antusias dan siap mengembangkan mobil listrik tersebut dan berpartisipasi dalam pengembangan mobil listrik nasional sebagaimana yang sedang digagas pemerintah saat ini.  

"Pengembangan mobil hybrid di Unissula sudah berlangsung lama. Karya ini diilhami oleh beberapa hal. Di antaranya isu tipisnya ketersediaan energi di alam ini, utamanya energi yang bersumber dari minyak dan gas," imbuhnya.

Sehingga hal tersebut memacu untuk berfikir untuk mendapatkan energi alternatif. Salah satu bidang yang paling banyak menyedot energi adalah bidang transportasi.  

"Selama ini energi yang digunakan sebagai bahan bakar sarana transportasi seperti sepeda motor, mobil, pesawat, kapal, kereta api dan moda transportasi lainnya adalah bahan bakar minyak yang ketersediaannya di alam semakin menipis," terang Sukarno.

Melalui MOLEX, diharapkan mampu menggantikan energi tersebut dengan energi alternatif yang murah dan tetap ramah lingkungan. Sukarno melanjutkan, FTI Unissula telah lama menggagas, merancang dan merealisasikan penggunaan energi alternatif di bidang transportasi berupa pembuatan mobil hybrid, yaitu sebuah mobil yang menggunakan berbagai macam sumber daya dalam pengoperasiannya. "Dalam mobil ini, seluruh putaran roda dan sistem kendalinya digerakkan dengan tenaga listrik," terangnya.

Kreativitas Unissula ini pun mulai memantik simpati. Di antaranya dari Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Jateng Teguh Dwi Paryono MT. Ia merekomendasikan agar mobil tersebut dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia (Muri). (G-15)


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Korupsi


Siapa lagi? »

Peristiwa


Arsip Peristiwa »

Berita


Arsip Berita »

Modus


Arsip Modus »

Jeng-jeng


Arsip Jeng-jeng »

Kasus


Arsip Kasus »

Horor Kota


Arsip Horor Kota »

Kriminal


Arsip Kriminal »

Tradisi Budaya


Selanjutnya »

Politik Itu Kejam


Simak Selanjutnya? »

Komunitas Pembaca


*) Tulis peristiwa di sekitar Anda, kirimkan ke email redaksi kami: singautara79@gmail.com

Citizen Journalism


Siapa lagi yang nulis? »

Wong Kene


Arsip Wong Kene »