Blogger Widgets

Tarbiyah Dorong Pendirian Laboratorium Multikultur

Diposting Unknown jam 11.49

Ungaran - Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah seringkali dianggap kurang penting. Bahkan PAI sering tidak mendapatkan perhatian khusus karena tidak masuk dalam materi ujian nasional.

"Siswa lebih senang belajar Matematika, IPA dan Bahasa. Sedangkan PAI menjadi pelajaran nomer akhir bersama dengan pelajaran Bahasa Jawa dan Ketrampilan" kata Rohmat Chozin MAg, guru PAI SMAN 4 Magelang saat menyampaikan materi Workshop Penyusunan Bahan Diklat Tenaga Laboran yang diselenggarakan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo di Balemong Resort Ungaran (23/11).

Kondisi ini membuat PAI tidak diminati para siswa. Siswa merasa senang kalau PAI kosong gurunya karena pembelajannya susah, membosankan dan sering ada hafalan. "Untuk itu perlu inovasi dalam materi PAI" tegas alumni Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga ini. Termasuk perlu sekali dibuat laboratorium PAI. Dengan adanya laboratorium PAI siswa langsung bisa praktik dan mendalami pelajaran PAI.

Laboratorium PAI, lanjutnya, dapat digunakan sebagai tempat praktik, penelitian, experimen dan tempat wisata. Siswa akan merasakan nyaman jika belajar agama langsung dipraktikkan. Misalnya cara memandikan jenazah, membungkus kain kafan hingga memasukkan jenazah di liang lahat. "Di SMAN 4 Magelang sudah ada Laboratorium PAI yang lengkap dengan pendukung materi agama Islam" tegasnya.

 Ada boneka jenazah, kain kafan, keranda hingga liang lahat. Selain itu banyak bahan-bahan penunjang dan media pembelajaran PAI yang disediakan.
Chozin menilai bahwa saat ini PAI harus diajarkan secara praktis dan menyenangkan. "Jangan sampai PAI kalah dengan IPA, Matematika dan Bahasa" ungkapnya.

Drs Shodiq Abdullah MAg, Pembantu Dekan 1 Fakultas Tarbiyah sangat mendorong berdirinya Laboratorium PAI. "Sangat bagus jika IAIN Walisongo mempunyai Laboratorium PAI yang dapat dijadikan rujukan pengembangan pembelajaran agama Islam" tegasnya. Keberadaan laboratorium ini juga sangat mendukung proyeksi pembelajaran PAI yang praktis dan multikultur.

Sebagai LPTK, IAIN Walisongo sudah waktunya untuk membangun Laboratorium PAI dan Labschool. "Dua laboratorium ini menjadi modal utama mengangkat citra lembaga pendidikan Islam ini, apalagi untuk menghadapi konversi UIN" pungkasnya. (FT/Rikza)

3 komentar:

  1. Wah, kalo sekedar mendorong saja, saya pun bisa.. malah tak dobrak sekalian .. kalo dorong kan jalannya masih lambat ... :-)

    makanya sampai hari ini belum ada realisasinya ..

    BalasHapus
  2. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA MBAH RINGGO BERKT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN MBAH YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI MBAH RINGGO DI 085-205-213-777













    SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA MBAH RINGGO BERKT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN MBAH YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI MBAH RINGGO DI 085-205-213-777

    BalasHapus
  3. Numerous medical issues can be connected to nourishing lacks. For some, this might imply that the street to better wellbeing might lie in working on nourishing propensities. This is the WellNess Pitch where nourishing enhancements can assume a powerful part in supporting your health.Nutrition specialists suggest that you get your sustenance from your eating routine as frequently as could be expected. Nourishing enhancements are to be taken notwithstanding an even eating routine. A standard work-out routine can help your wellbeing also. Examine with your primary care physician about taking enhancements that could decisively meet your singular wellbeing needs.

    BalasHapus

 

Korupsi


Siapa lagi? »

Peristiwa


Arsip Peristiwa »

Berita


Arsip Berita »

Modus


Arsip Modus »

Jeng-jeng


Arsip Jeng-jeng »

Kasus


Arsip Kasus »

Horor Kota


Arsip Horor Kota »

Kriminal


Arsip Kriminal »

Tradisi Budaya


Selanjutnya »

Politik Itu Kejam


Simak Selanjutnya? »

Komunitas Pembaca


*) Tulis peristiwa di sekitar Anda, kirimkan ke email redaksi kami: singautara79@gmail.com

Citizen Journalism


Siapa lagi yang nulis? »

Wong Kene


Arsip Wong Kene »